KEBIJAKAN PRIVASI

PT DOMPET ELEKTRONIK INDONESIA ("helloPay")

 

Kebijakan Privasi ini ditetapkan oleh PT Dompet Elektronik Indonesia (“helloPay”) dan menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan helloPay dalam mengumpulkan, mencatat, menyimpan, menggunakan, menyebarkan, dan memproses data yang diklasifikasikan sebagai informasi pribadi yang dikumpulkan helloPay dari pihak-pihak yang terkait dengan layanan yang disediakan oleh helloPay melalui website dengan alamat www.hellopay.co.id ("Situs") yang dikelola oleh helloPay. Dengan mengunjungi situs ini, Anda menyetujui metode pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadi Anda sebagaimana akan dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini. Semua data yang dikumpulkan dan diproses oleh helloPay akan disimpan dan dikelola berdasarkan prosedur yang diterapkan oleh helloPay dalam rangka mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku.

Kami berkomitmen menjalankan bisnis sesuai dengan ketentuan-ketentuan berikut untuk memastikan kerahasiaan Informasi Pribadi tetap terjaga dan terpelihara.

 

1.

Persetujuan Atas Pengumpulan, Penggunaan dan Pengungkapan

 
  • Dengan menggunakan situs helloPay dan/atau melakukan pendaftaran pada layanan helloPay, Anda secara serta merta memberikan persetujuan Anda atas ketentuan dari Kebijakan Privasi ini. Jika Anda tidak menyetujui ketentuan ini, Anda dapat menariknya setiap saat, namundengan melakukan penarikan/pembatalan atas persetujuan Anda maka helloPay tidak dapat menyediakan layanan helloPay bagi Anda.
  • helloPay berhak untuk melakukan perubahan terhadap Kebijakan Privasi ini sewaktu-waktu; dengan atau tanpa pemberitahuan. Setiap melakukan perubahan atau pengkinian atas Kebijakan Privasi ini, helloPay akan memperbaharui tanggal "versiterkini" di bagian akhir Kebijakan Privasi ini.
  • Segala perubahan material yang dilakukan oleh helloPay terhadap Kebijakan Privasi ini akan diinformasikan kepada Anda melalui email pemberitahuan sepanjang perubahan tersebut di masa mendatang dapat mempengaruhi informasi yang telah kami peroleh dari Anda. Namun demikian, dalam keadaan tertentu, helloPay berhak untuk tidak memberitahu Anda segala sesuatu yang berkaitan dengan investigasi terhadap pelanggaran suatu kesepakatan, hal-hal yang bertentangan dengan hukum, maupun suatu keadaan darurat dimana hal tersebut dapat mengancam hidup, kesehatan atau keamanan seseorang, serta keadaan dimana terdapat aktifitas penagihan utang atau dalam rangka memenuhi instruksi dari badan penegak hukum, otoritas berwenang atau atas perintah dari pengadilan.
  • Anda dapat menarik persetujuan Anda setiap saat terhadap aktifitas pengumpulan, penggunaan dan pengungkapan Informasi Pribadi dengan mengirimkan email menggunakan formulir kontak helloPay yang tersedia pada Situs. Sebagai catatan, jika Anda menarik persetujuan Anda untuk aktifitas pengumpulan yang dilakukan oleh helloPay, helloPay dapat menangguhkan penyediaan produk dan/atau layanan helloPay kepada Anda.
  • Dengan terus mengakses dan menggunakan layanan yang terdapat pada website ini, Anda akan dianggap telah menerima perubahan ketentuan pada Kebijakan Privasi ini.
  • Jika Anda memberikan informasi pribadi milik pihak ketiga kepada helloPay, kami dapat mengganggap bahwa Anda telah memperoleh izin yang diperlukan dari pihak ketiga terkait untuk dapat membagi dan mentransfer Informasi Pribadinya kepada kami.
     

2.

Pengumpulan Informasi Pribadi

Ketika Anda membuat akun helloPay, atau ketika Anda memberikan informasi mengenai data pribadi termasuk data yang berhubungan dengan finansial dan non-finansial (“Informasi Pribadi”) Anda pada helloPay melalui sistem kami, Informasi Pribadi yang kami kumpulkan antara lain adalah :

 
  • Nama lengkap;
  • Nomor identifikasi dan/atau rinciannya;
  • Nama perusahaan (jika ada);
  • Rumah dan/atau alamat kantor;
  • Alamat email;
  • Informasi kartu kredit;
  • Informasi rekening bank;
  • Informasi uang elektronik;
  • Nomor telepon (telepon selular dan/atau telepon rumah);
  • Informasi tentang situs URL Anda (jika ada);
 

Jika Anda mengajukan aplikasi akun helloPay dengan menggunakan akun media sosial Anda atau ketika Anda menghubungkan akun helloPay ke akun media sosial Anda ataupun menggunakan fitur media sosial helloPay lainnya, helloPay dapat mengakses informasi tentang Anda yang telah Anda cantumkan pada media sosial tersebut sesuai dengan kebijakan pengelola media sosial tersebut dan helloPay akan mengelola data pribadi yang telah kami kumpulkan tersebut sesuai dengan Kebijakan Privasi helloPay.

Jika Anda mengajukan aplikasi akun helloPay melalui sarana lainnya milik pihak ketiga yang bekerjasama dengan helloPay dan terkoneksi dengan Situs helloPay yaitu antara lain bank, penerbit uang elektronik, atau penyelenggara sistem pembayaran lainnya (“Sarana Mitra”), maka helloPay dapat mengakses dan mengumpulkan informasi tentang Anda yang telah Anda cantumkan pada Sarana Mitra termasuk namun tidak terbatas pada pemberian dan penggunaan Informasi Pribadi milik Anda oleh helloPay untuk tujuan tertentu yang telah Anda setujui melalui Sarana Mitra sesuai ketentuan dan kebijakan pihak ketiga dan helloPay.

helloPay menerapkan Kebijakan Privasi untuk melindungi Informasi Pribadi yang kami terima dari Anda dan untuk menanggapi setiap pertanyaan yang muncul. Kebijakan Privasi ini juga menyatakan bahwa helloPay dapat membagi informasi milik Anda dengan pihak ketiga serta helloPay senantiasa berupaya untuk memastikan pihak ketiga akan menjaga keamanan Informasi Pribadi milik Anda.

helloPay telah menugaskan Petugas Perlindungan Data yang didukung oleh tim khusus untuk bertanggungjawab atas Informasi Pribadi Anda serta memastikan terlaksananya prinsip-prinsip yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini.

 

     

3.

Tujuan Pengumpulan Informasi Pribadi

 

helloPay mengumpulkan dan berhak untuk menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan berikut:

  a.

Dalam rangka melaksanakan hukum yang berlaku, peraturan, proses hukum dan melaksanakan instruksi pemerintah termasuk namun tidak terbatas pada :

   
  • Peraturan Bank Indonesia tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principles);
  • Peraturan Bank Indonesia tentang Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran selain Bank.
 

Dalam rangka memenuhi peraturan tersebut di atas, helloPay akan mengumpulkan Data Pribadi dari Anda; meliputi:

   
  • Nama lengkap (sebagaimana tercantum dalam Kartu Identitas Anda ("ID"));
  • Alamat (seperti dalam ID Anda);
  • Tempat dan tanggal lahir;
  • Kewarganegaraan;
  • Pekerjaan;
  • Spesimen tanda tangan Anda;
  • Jenis Kelamin;
  • Sumber dana;
  • Tujuan transaksi;
  • Informasi kartu kredit;
  • Informasi rekening bank;
  • Informasi uang elektronik.
  b. untuk memahami kebutuhan Anda terhadap produk, jasa dan/atau pelayanan helloPay;

  c.

untuk berkomunikasi dengan Anda dan pengunjung website lainnya, dan untuk menginformasikan hal-hal terkait upgrade maupun produk-produk lainnya serta layanan yang disediakan oleh helloPay, afiliasinya dan pihak ketiga atas persetujuan Anda;



  d. untuk menyediakan akses tak terbatas bagi Anda di websitehelloPay;

  e.

untuk menerapkan konfigurasi padaproduk maupun jasa yang disediakan helloPay untuk Anda serta untuk mengirimkan promosi maupun penawaran dari helloPay yang ditargetkan pada kelompok tertentu maupun kepada pihak ketiga atas persetujuan Anda;



  f. untuk keperluan tagihan rekening dan mekanisme penyimpanan catatan pembayaran;

  g.

untuk merespon klaim resmi/sah atau untuk mengirimkan teguran dari helloPay bilamana Anda melanggar hak-hak pihak ketiga atau salah satu perjanjian atau kebijakan yang mengatur penggunaan situs atau produk atau layanan helloPay;



  h.

Untuk melindungi jasa, produk atau hak-hak helloPay, termasuk namun tidak terbatas pada keamanan atau integritas dari situs helloPay;



  i.

untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah teknis yang berkaitan dengan situs maupun produk dan/atau jasa helloPay;



  j.

helloPay juga menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk keperluan analisa bisnis, operasional, pemasaran dan tujuan promosi lainnya.



 

helloPay dapat menggunakan jasa afiliasi atau pihak ketiga lainnya untuk menyediakan beberapa produk dan/atau jasa atas nama helloPay, dimana selanjutnya helloPay hanya akan memberikan informasi pribadi yang mereka butuhkan kepada perusahaan-perusahaan tersebut untuk tujuan identifikasi dan helloPay akan membatasi hak mereka untuk menggunakan dan secara lebih jauh mengungkapkan Informasi Pribadi Anda sesuai dengan mekanisme kerja yang mereka lakukan untuk helloPay.

     

4.

Pembatasan Pengumpulan Informasi Pribadi

helloPay membatasi pengumpulan Informasi Pribadi dengan berdasar pada fakta bahwa informasi tersebut diperlukan untuk tujuan identifikasi. helloPay tidak mengarahkan situsnya secara langsung maupun secara sengaja mengumpulkan Informasi Pribadi dari individu yang berada di bawah usia dua puluh satu (21) tahun

     

5.

Pengumpulan Data Komputer

Ketika Anda mengunjungi website helloPay, server helloPay akan merekam informasi yang dikirimkan oleh browser Anda secara otomatis setiap kali Anda mengunjungi website. Data ini mungkin termasuk:

 
  • Alamat IP komputer Anda;
  • Jenis browser;
  • Laman web yang Anda kunjungi sebelum Anda mengunjungi platform kami;
  • Halaman-halaman platform yang Anda kunjungi;
  • Waktu yang dihabiskan pada halaman tersebut, barang dan informasi yang Anda cari pada Platform tersebut, waktu dan tanggal dilakukannya akses dan informasi statistik lainnya;
  • Informasi ini dikumpulkan untuk kepentingan analisa dan evaluasi yang diperlukan helloPay untuk memperbaiki layanan dan produk yang tersedia pada website helloPay.
     

6.

Pengungkapan, Pemrosesan dan Penyimpanan

helloPay tidak akan mengungkapkan Informasi Pribadi Anda kepada pihak lain, kecuali :

  a.

kepada karyawan helloPay, kontraktor independen, anak perusahaan, afiliasi, konsultan, rekan bisnis, perusahaan penyedia jasa, supplier dan agen yang bertindak atas nama helloPay untuk salah satu tujuan yang telah disepakati oleh helloPay;

  b.

jika helloPay memiliki alasan dan berpendapat diperlukannya pengungkapan informasi untuk proses identifikasi, komunikasi atau terkait dengan tindakan hukum terhadap seseorang yang mungkin dapat berdampak atau menimbulkan gangguan (baik sengaja atau tidak sengaja) terhadap hak atau properti milik helloPay, pengguna helloPay lainnya, produk atau jasa yang disediakan oleh helloPay maupun kemungkinan timbulnya kerugian bagi pihak lain;

  c.

Berkaitan dengan pelaksanaan suatu proses hukum dan menyediakan informasi bagi kegiatan penegakan hukum atau dalam kaitannya dengan penyelidikan yang berhubungan dengan keamanan publik yang sesuai dengan hukum yang berlaku, atau sebagaimana disyaratkan oleh hukum yang ada.

  d.

Kepada pihak ketiga yang menjalin kerjasama kemitraan dengan helloPay khususnya antara lain mitra bank, mitra penerbit uang elektronik maupun mitra penyelenggara sistem pembayaran lainnya yang dimana Anda adalah pengguna jasa atau nasabah dari pihak ketiga tersebut.

Setelah account Anda tidak aktif (yaitu ketika Anda mengajukan permintaan penghapusan data Anda dari database helloPay), helloPay akan menyimpan Informasi Pribadi Anda dalam arsipnya dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh hukum yang berlaku. Informasi Pribadi Anda akan digunakan hanya jika diperlukan dalam kaitannya dengan kepentingan perpajakan atau dalam rangka memenuhi hukum yang berlaku.

 

     

7.

Tingkat Akurasi Informasi Pribadi

  a.

helloPay akan melakukan upaya maksimal secara komersial untuk menjaga keakuratan Informasi Pribadi Anda untuk tujuan identifikasi. Anda bertanggung jawab untuk menginformasikan perubahan Informasi Pribadi Anda dari waktu ke waktu kepada helloPay.

  b.

Dalam rangka upaya pencegahan timbulnya masalah yang berhubungan dengan penipuan, helloPay akan menerapkan suatu mekanisme verifikasi dengan bantuan pihak ketiga yang dipercaya untuk melakukan verifikasi atas Informasi Pribadi yang Anda berikan.

  c.

Dengan ini kami menginformasikan bahwa untuk melaksanakan mekanisme verifikasi tersebut di atas, helloPay dapat meminta Anda untuk memberikan salinan dokumen yang berkaitan dengan Informasi Pribadi Anda; termasuk namun tidak terbatas pada kartu identitas Anda, buku bank, dan sebagainya;

  d.

Data yang berkaitan dengan rekening bank dan informasi keuangan lainnya tidak akan pernah diungkapkan kepada siapa pun melalui Situs ini, kecuali atas surat perintah yang diberikan kepada helloPay oleh pihak yang berwenang, pengadilan atau proses hukum lainnya.

     

8.

Perlindungan atas Keamanan

helloPay memastikan bahwa semua informasi yang dikumpulkan akan disimpan dan dilindungi dengan aman. Upaya yang dilakukan oleh helloPay dalam rangka melindungi Informasi Pribadi Anda antara lain :

 
  • Membatasi akses terhadapdata Informasi Pribadi Anda / Pelanggan;
  • Melakukan upaya pemeliharaan maksimal terhadap produk teknologi yang digunakan untuk mencegah terjadinya akses komputer yang tidak sah;
  • Menghancurkan Informasi Pribadi Anda dengan mekanisme yang aman jika data tersebut tidak lagi diperlukan, baik untuk keperluan hukum maupun komersial.
 

helloPay menggunakan teknologi enkripsi 128-bit SSL (secure socket layer) saat memproses rincian keuangan Anda.
Jika Anda merasa bahwa privasi Anda telah dilanggar, silakan hubungi helloPay melalui alamate-mail yang tercantum pada Situs helloPay atau menggunakan formulir kontak helloPay yang tersedia pada Situs helloPay.

Kata sandi Anda adalah kata kunci untuk akun Anda. Mohon gunakan nomor unik, huruf dan karakter khusus, dan kami menghimbau Anda untuk tidak menyebarkan sandi helloPay Anda kepada siapa pun. Jika Anda menyebarkan kata sandi Anda dengan orang lain, Anda bertanggung jawab atas semua tindakan yang diambil atas nama akun Anda dan konsekuensi yang timbul atas tindakan tersebut.

Jika Anda kehilangan kendali atas kata sandi Anda, Anda juga dapat kehilangan kendali atas Informasi Pribadi Anda dan informasi lainnya yang disampaikan kepada helloPay. Anda juga akan bertanggung jawab atas tindakan yang mengikat secara hukum yang dilakukan atas nama Anda. Oleh karena itu, jika kata sandi Anda tidak lagi terjamin kerahasiaannya untuk alasan apapun atau jika Anda merasa bahwa kata sandi Anda telah diketahui pihak lain, Anda harus segera menghubungi helloPay dan mengganti kata sandi Anda. Kami menghimbau, jika Anda menggunakan komputer bersama, hendaklah log off dari akun Anda dan ingatlah untuk menutup browser ketika Anda selesai bertransaksi menggunakan akun helloPay.

 

     

9.

Akses Terhadap Informasi Pribadi

  a.

Jika Anda mengajukan permintaan melalui e-mail dengan menggunakan formulir kontak helloPay, maka Anda berkesempatan untuk memeriksa ulang Informasi Pribadi yang terdapat dalam file akun Anda.

  b.

Jika helloPay tidak mampu memberi akses atas beberapa aspek pada Informasi Pribadi Anda, helloPay akan menetapkan suatu mekanisme yang dapat menolak akses tersebut; dimana hal tersebut akan mengungkapkan Informasi Pribadi tentang pihak ketiga, atau bahwa itu adalah suatu informasi komersial yang rahasia atau komunikasi rahasia antara pengacara dengan kliennya, atau bahwa informasi tersebut berhubungan dengan pelanggaran perjanjian atau melawan hukum, atau bahwa pengungkapan tersebut dapat mengancam hidup atau keamanan orang lain.

  c.

Anda berhak untuk meminta dilakukannya perbaikan/perubahan atas informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap dengan menghubungi Petugas Perlindungan Data sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, dan helloPay akan segera memperbaiki Informasi Pribadi tersebut.

     

10.

Kemungkinan Munculnya Tautan Website Milik Pihak Ketiga

 

Halaman yang ada pada website ini dapat berisitautan yang mengarahkan Anda ke website milik pihak ketiga. helloPay tidak bertanggung jawab atas kegiatan operasional dan/atau aktifitas bisnis website tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada informasi yang terkandung dalam website tersebut. helloPay menghimbau Anda untuk senantiasa berhati-hati dalam membaca dan memahami Kebijakan Privasi yang terdapat pada website milik pihak ketiga tersebut sebelum Anda membagikan Informasi Pribadi Anda kepada website tersebut.

     

11.

Hubungi Kami

 

Silahkan kunjungi helloPay laman 'FAQ' atau laman ' Hubungi Kami' pada website helloPay untuk setiap pertanyaan yang berkaitan dengan Kebijakan Privasi dan produk dan/atau jasa yang disediakan oleh helloPay.

     

Layanan yang diberikan oleh helloPay diatur oleh dan tunduk kepada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

Berlaku Efektif Sejak Tanggal : 2 Nopember 2015

     
     
Banner