Syarat Dan Ketentuan Umum Layanan HelloPay Untuk Merchant

Syarat dan Ketentuan Umum Layanan HelloPay untuk Merchant ("Perjanjian") ini adalah ketentuan yang mengikat secara hukum antara Anda sebagai "Merchant" dan PT Dompet Elektronik Indonesia ("helloPay"). PT Dompet Elektronik Indonesia adalah suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Dalam Perjanjian ini, Merchant dan helloPay secara sendiri-sendiri disebut sebagai "Pihak" dan secara bersama-sama disebut sebagai "Para Pihak".

1. Umum

helloPay menjalankan layanan pembayaran secara online yang memungkinkan Pelanggan helloPay (selanjutnya disebut "Pelanggan") dan Merchant untuk dapat melakukan pengiriman dan menerima pembayaran elektronik secara aman, nyaman dan dengan biaya yang efektif. Dalam Perjanjian ini akan dijelaskan mengenai syarat dan ketentuan yang mengatur tentang pembayaran elektronik dan layanan penagihan yang disediakan oleh helloPay dari Pelanggan kepada Merchant.

2. Melakukan Pembayaran terhadap Pembelian yang Dilakukan

Pelanggan dapat menggunakan Akun Pelanggan sendiri (selanjutnya disebut "Akun Pelanggan") untuk melakukan pembayaran atas barang dan jasa yang dibeli dari Merchant yang menerima pembayaran transaksi melalui helloPay sebagai salah satu cara pembayaran. Penggunaan Akun Pelanggan tunduk pada Syarat dan Ketentuan tersedia secara online di : https://www.hellopay.co.id/terms-and-conditions.html. Bagi Registrasi Akun yang dilakukan oleh Pelanggan, helloPay akan menyimpan detail akun kartu debit, kartu kredit, uang elektronik, rekening bank atau alat pembayaran lainnya milik Pelanggan (selanjutnya disebut "Sumber Dana Pelanggan") yang diisi oleh Pelanggan secara sadar dan tanpa paksaan pada Akun Pelanggan. Setelah transaksi pembayaran dilakukan, helloPay akan melakukan proses verifikasi secara online dan proses otorisasi dari Sumber Dana Nasabah, melalui bank atau pihak ketiga yang merupakan mitra dari helloPay, memeriksa status akun tersebut, verifikasi kecukupan dana di rekening, mengurangi dana pada akun tersebut sesuai dengan jumlah pembelian dimana selanjutnya helloPay akan mentransfer dana ke akun pembayaran Merchant (selanjutnya disebut "Akun Merchant") setelah dikurangi biaya-biaya yang ada. Merchant Account adalah rekening virtual yang dibuat oleh helloPay untuk Merchant dimana dengan rekening tersebut Merchant dapat menerima pembayaran untuk produk dan jasa yang dibeli oleh Pelanggan.

3. Perubahan Layanan Merchant

helloPay berhak untuk mengubah dan/atau memperbarui metode operasional, spesifikasi teknis, sistem dan fungsi lainnya, serta berhak untuk memperbarui ketentuan-ketentuan sebagaimana tercantum di dalam Perjanjian ini, termasuk melakukan perubahan biaya yang harus dikenakan. helloPay akan memberitahukan kepada Merchant jika ada perubahan dan/atau pembaharuan pada Perjanjian ini. Pembaharuan dan perubahan tersebut berlaku efektif pada tanggal pemberitahuan.

4. Tarif

4.1 Biaya penggunaan layanan Merchant helloPay (selanjutnya disebut "Layanan Merchant") yang harus dibayarkan Merchant kepada helloPay  didasarkan pada volume transaksi bulanan.

Monthly Transaction Volume Category
Sampai dengan Rp 50,000 3.6% + Rp 3,000
50,0001 – Rp 150,000,000 2.9% +Rp 3,000
150,000,001 – Rp 1,500,000,000 2.0% + Rp 3,000
Diatas Rp  1,500,000,000 Akan disepakati kemudian antara helloPay dan Merchant

Proses pembayaran atas transaksi terhadap Akun Merchant setelah dikurangi dengan biaya-biaya sebagaimana disepakati Para Pihak akan diatur berdasarkan volume transaksi, yaitu sebagai berikut :

  • secara bulanan, dimulai sejak pukul 00:00 WIB pada hari pertama di bulan tersebut sampai pukul 23:59 WIB pada hari terakhir di bulan tersebut.
  • secara dua-mingguan, dimulai pada hari Senin sejak pukul 00.00 WIB sampai dengan hari Minggu pukul 23:59 WIB.
  • Secara mingguan, dimulai sejak hari Senin pukul 00:00 WIB sampai dengan hari Minggu pukul 23:59 WIB; atau
  • Dua kali seminggu, dimulai sejak hari Senin pukul 00:00 WIB sampai dengan hari Minggu pukul 23:59 WIB.
  • Harian, dimulai sejak pukul 00:00 WIB sampai dengan pukul 23:59 WIB

Setelah dilakukan penyesuaian, pembayaran akan dilakukan paling lambat pada hari kerja kedua setelah berakhirnya periode pembayaran.

Selanjutnya, Para Pihak sepakat akan melakukan penyesuaian terhadap mekanisme biaya-biaya tersebut setelah implementasi Perjanjian efektif berjalan. Apabila penyesuaian berkala tidak dilakukan oleh Para Pihak, biaya yang berlaku tersebut akan dijadikan dasar untuk melakukan penyesuaian kedepannya. Biaya yang dikenakan kepada Merchant dihitung pada akhir periode pembayaran yang telah disepakati. Biaya tersebut akan dipotong dari nilai transaksi terakhir kepada Merchant.

5. Kode Etik helloPay

5.1 helloPay berhak untuk menolak Merchant atau akses terhadap website untuk Layanan Merchant tanpa persetujuan pihak manapun.

5.2 Produk dan jasa yang akan ditawarkan Merchant untuk dijual hanyalah produk dan jasa yang berhak dijual oleh Merchant sesuai dengan ketentuan hukum terkait pemasaran dan penjualan produk atau jasa tersebut di wilayah Republik Indonesia.

5.3 helloPay tidak akan memberikan akses kepada Merchant yang menyediakan konten yang merupakan :

(a) barang ilegal ataupun yang mengandung materi illegal termasuk namun tidak terbatas pada aktifitas pengunduhan ilegal;

(b) terdiri dari barang dan/atau jasa yang melanggar kekayaan intelektual atau (hak kepemilikan lainnya dari pihak ketiga atau barang dan/atau jasa lainnya);

(c) memfasilitasi kegiatan yang ilegal, melanggar hukum, atau tindakan pidana lainnya.

(d) mencantumkan kalimat penjelasan yang ambigu/tidak jelas, informasi menyesatkan serta konten dan informasi yang melanggar hukum dan peraturan yang berlaku;

(e) berpotensi menimbulkan konflik yang berkaitan dengan etnis, agama, ras dan kelompok;

(f) mengandung pornografi atau hal yang melanggar norma-norma etika;

(g) berisi materi perjudian; dan/atau

(h) mengandung penghinaan, pemerasan, dan/atau konten pemfitnahan;

6. Komitmen Merchant

6.1 Merchant akan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk :

6.1.1 Merchant telah memiliki dan memenuhi semua hak, wewenang dan otorisasi yang diperlukan untuk mengimplementasikan Perjanjian ini dan untuk memenuhi kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada Perjanjian ini;

6.1.2 Merchant akan melakukan kewajibannya dengan keahlian dan usaha untuk mejaga kualitas barang dengan maksimal;

6.1.3 Merchant memiliki dan akan mempertahankan kesinambungan tempat dan fasilitas yang memadai untuk memenuhi semua kewajibannya berdasarkan Perjanjian ini serta berdasarkan undang-undang dan peraturan yang berlaku;

6.1.4 Merchant, di sepanjang waktu, memiliki semua lisensi dan izin yang diperlukan untuk terlibat dalam penyediaan barang dan jasa; dan

6.1.5 Merchant dengan ini menyatakan tidak akan menerima dana sehubungan dengan perbuatan atau praktek ilegal, curang, penipuan atau tindakan yang manipulatif dan Merchant tidak mengirim atau menerima dana kepada atau dari sumber ilegal atau sumber yang belum diverifikasi/diketahui.

6.1.6 Secara lebih lanjut, Merchant wajib untuk mematuhi hukum yang berlaku dan praktek perdagangan/persaingan usaha yang adil, misalnya hal-hal terkait dengan hubungan pemasaran dan konsumen, dan memastikan bahwa bisnis maupun reputasi helloPay tidak terganggu dan/atau mengalami kerugian.

6.2 Penerimaan pembayaran melalui Akun Merchant. Merchant akan menerima pembayaran untuk produk dan jasa melalui Akun Merchant pada harga yang sama, atau pada harga yang lebih rendah, sebagaimana ditawarkan oleh solusi pembayaran lainnya kepada Pelanggan. Dalam segala hal, Merchant juga harus memperlakukan pembayaran melalui Akun Merchant di cara yang sama seperti pembayaran melalui solusi pembayaran lainnya. Ini berlaku untuk semua produk dan layanan yang diberikan oleh Merchant.

6.3 Kewajiban kepada Pelanggan

6.3.1 Merchant menyanggupi untuk mendistribusikan/mengirimkan produk dan layanan yang dibayar melalui Akun Merchant sesuai dengan perjanjian terpisah antara Merchant dan Pelanggan. Merchant mengakui bahwa helloPay bukan merupakan pihak dalam perjanjian tersebut, dan pedagang harus jelas menyatakan bahwa pedagang adalah pihak kontraktor bertanggung jawab atas non-delivery, tertunda atau pengiriman yang tidak benar dari produk dan/atau jasa, dan bahwa keluhan yang berkaitan dengan produk dan/atau jasa harus ditujukan kepada Merchant langsung.

6.3.2 Merchant dengan ini menjamin bahwa produk dan/atau jasa yang dibuat tersedia untuk pelanggan mematuhi hukum yang berlaku di wilayah hukum apapun di atau yang Merchant yang membuat barang-barang dan jasa yang tersedia.

6.4 Kewajiban untuk mengikuti instruksi helloPay

Merchant harus mematuhi dari waktu ke waktu kandang berlaku untuk Perjanjian, dan akan, jika perlu, dalam waktu tiga puluh (30) hari dari yang diberitahu pembaruan semua teknologi dan perangkat lunak yang diperlukan sesuai dengan instruksi helloPay ini.

6.5 Paparan dan pemasaran helloPay

Merchant harus memastikan bahwa informasi yang cukup tentang helloPay diberikan di situs Merchant web, dan bahwa, kecuali disetujui antara pihak-pihak untuk produk dan layanan tertentu, helloPay diterima untuk pembayaran semua produk dan jasa yang ditawarkan untuk dijual. Merchant juga akan menampilkan link dan ikon yang berkaitan dengan helloPay di situs web Merchant sesuai dengan instruksi helloPay ini.

6.6 Hak untuk informasi tentang Merchant

6.6.1 Merchant menyanggupi untuk menyediakan permintaan helloPay terhadap informasi mengenai kondisi keuangan, struktur kepemilikan, identitas anggota dewan direksi dan komisaris dan informasi lain seperti yang dianggap material dan/atau diperlukan untuk kegiatan bisnis helloPay. helloPay juga berhak, sendiri atau melalui pihak ketiga, untuk melakukan investigasi tersendiri di Merchant.

6.6.2 Merchant harus menginformasikan helloPay secara tertulis setiap perubahan bisnis (termasuk perubahan pemegang otoritas atau keputusan), model bisnis atau barang dan/atau jasa yang dijual, disewa atau didistribusikan atau setiap perubahan persyaratan peraturan yang itu adalah subjek (termasuk namun tidak terbatas pada perubahan atau pencabutan izin yang dibutuhkan untuk jenis usahanya) yang mungkin berdampak buruk pada usaha helloPay untuk memenuhi hukum yang berlaku atau persyaratan yang tercantum pada peraturan lainnya atau kredit Merchant dan/atau kondisi keuangan ("Perubahan Material") tanpa penundaan sebelum perubahan berlaku dan dalam hal apapun sebelum mengambil atau melakukan pembayaran terkait dengan Perubahan Material. Tanpa menerapkan Batasan Kewajiban yang terkandung dalam Pasal 9 Perjanjian ini, Merchant harus mengganti kerugian yang dialami helloPay yang timbul dari kegagalan Merchant untuk memberitahukan helloPay dari perubahan tersebut terkait dengan usaha untuk memenuhi persyaratan yang tercantum dalam peraturan yang berlaku untuk helloPay atau Merchant.

7. Komitmen helloPay

7.1 Fungsi

helloPay bertanggung jawab untuk menjaga Layanan Merchant, sesuai dengan keamanan dan fungsi yang diatur dalam Perjanjian ini. helloPay akan, lebih jauh lagi, menyediakan bahan sehingga Merchant mungkin memerlukan untuk melaksanakan Layanan Merchant.

7.2 Jaminan Pembayaran

Untuk memastikan bahwa dana Pelanggan yang digunakan oleh Pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui Akun Nasabah berlaku sebagai pembayaran untuk produk dan layanan yang dibeli Pelanggan, helloPay dapat menyimpan dana yang terkumpul dari pembayaran Nasabah produk dan jasa (selanjutnya disebut "Dana") dalam rekening Bank sebagai aset yang aman dan likuid. helloPay hanya akan menggunakan dana untuk melunasi pembayaran transaksi online Pelanggan di Merchant dan bukan untuk membiayai kegiatan operasional Merchant.

Dana tersebut, setelah dikurangi biaya transaksi yang berlaku, segera dipisahkan sehubungan dengan transaksi dan dicatat dalam database pusat helloPay sebagai klaim dari Merchant terhadap helloPay. Merchant tidak berhak atas bunga dari Dana tersebut.

7.3 Pelaporan

Merchant dapat men-download transaksi real time melaporkan secara online yang tersedia di Area Pelayanan Merchant, dapat diakses melalui akun Merchant.

7.4 Dukungan Teknis dan Layanan Pelanggan bagi Merchant

Layanan dukungan reguler tersedia melalui email, web atau telepon pada Hari Kerja di Jam Kerja. Layanan Pelanggan bagi Merchant helloPay tersedia dari Senin sampai Jumat selama jam kerja 10:00-17:00 melalui merchantsupport@hellopay.co.id atau melalui nomor hotline Layanan Pelanggan bagi Merchant helloPay di nomor 6221 8068 1188. Bantuan darurat disediakan 24 jam per hari. Helpdesk dan layanan batuan tersedia dalam Bahasa Indonesia.

7.5 Tingkat Layanan

helloPay berkomitmen untuk menggunakan semua upaya yang wajar secara komersial untuk mencapai uptime minimum rata-rata 99% (diukur secara setengah tahunan) dari Layanan, untuk menerima permintaan transaksi, tidak termasuk perhitungan uptime saat waktu downtime dari Layanan yang disebabkan oleh tindakan atau kelalaian dari Merchant, perubahan yang dilakukan atas permintaan khusus dari Merchant, kegagalan internet pada umumnya, kegagalan pada sistem dan perangkat keras, masalah jaringan di luar kendali helloPay, kegagalan metode pembayaran individual, aktifitas peretasan atau serangan terhadap sistem keamanan dunia maya ataupun hal-hal yang disebabkan oleh terjadinya force majeure. Merchant wajib untuk segera memberitahukan helloPay atas terjadinya downtime pada sistem pembayaran antarmuka dan wajib menyediakan kerjasama yang dibutuhkan untuk menyelidiki dan menyelesaikan downtime tersebut.

helloPay menggunakan semua upaya yang wajar untuk menghindari pelaksanaan Layanan secara offline dalam melaksanakan pemeliharaan yang telah direncanakan termasuk kegiatan upgrade atas perangkat keras, perangkat lunak dan dan kegiatan pengaturan cadangan atas system helloPay. Jika pemeliharaan tersebut dalam keadaaan tertentu ditetapkan sebagai kegiatan yang dibutuhkan, helloPay akan memberikan notifikasi sebanyak yang dibutuhkan dan akan merencanakan kegiatan pemeliharaan tersebut dengan cara dan pada tanggal dan waktu yang efisien untuk meminimalkan timbulnya potensi dimana hal tersebut berdampak pada transaksi yang berkaitan dengan semua Merchant. Jika dalam keadaan darurat (misalnya, dalam hal terjadinya force majeure atau serangan teroris) kegiatan pemeliharaan yang tidak direncanakan atas Layanan perlu dilakukan secara offline (di luar jaringan), helloPay akan menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk menjaga downtime seminimal mungkin.

8. Ketentuan Pembayaran

8.1 Pembayaran

Dana yang dipisahkan oleh helloPay atas nama Merchant harus, setelah dikurangi (i) biaya dan/atau (ii) klaim lain yang mungkin dimiliki helloPay terhadap Merchant dan/atau (iii) saldo minimum yang disyaratkan dan/atau (iv) persyaratan untuk memiliki dana untuk jangka waktu tertentu, akan tersedia bagi Merchant untuk langsung ditransfer ke rekening bank yang ditunjuk.

8.2 Tindakan Reversal atas Transaksi Bermasalah

Pengembalian uang dan transaksi yang bermasalah akan diselesaikan antara Pelanggan dan Merchant. Pengembalian uang, chargeback dan transaksi bermasalah hanya dapat dikembalikan kepada Pelanggan, yaitu kepada Akun Sumber Dana Pelanggan (rekening dari mana transaksi didebet pada awalnya).

9. Lainnya

9.1 Umum

helloPay memiliki seluruh hak kekayaan intelektual dalam kaitannya dengan Layanan Merchant. Merchant tidak berhak, tanpa persetujuan tertulis helloPay, untuk menggunakan, secara keseluruhan atau sebagian, merek dagang, nama produk atau logo terkait dengan Layanan Merchant untuk tujuan lain selain untuk menginformasikan fakta bahwa Merchant menerima helloPay sebagai solusi pembayaran. Setiap penggunaan hak kekayaan intelektual helloPay harus sesuai dengan instruksi helloPay.

9.2 Data Pribadi

helloPay harus memiliki kepemilikan dan kontrol penuh atas semua data pribadi (termasuk data penjualan dan data lainnya), yang diperoleh dari Pelanggan, baik oleh atau atas nama helloPay sehubungan dengan Layanan Merchant. Untuk kepentingan Perjanjian ini, semua data pribadi akan dianggap sebagai informasi rahasia helloPay.

9.3 Penggunaan data pribadi

Merchant akan memanfaatkan data pribadi diungkapkan oleh helloPay ke merchant atau yang pedagang telah dinyatakan dikumpulkan atau diperoleh akses berdasarkan berdasarkan atau sehubungan dengan Perjanjian ini, semata-mata untuk tujuan Perjanjian ini dan tidak akan menjual, mengalihkan, menyewakan atau melakukan eksploitasi komersial atas data pribadi. Semua data pribadi tidak akan diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan tertulis dari helloPay, dan harus diungkapkan Merchant secara internal hanya pada kebutuhan-untuk-mengetahui.

9.4 Kepatuhan terhadap Hukum

Segala implementasi dari Perjanjian ini, masing-masing Pihak harus secara ketat mematuhi semua hukum yang berlaku, undang-undang dan peraturan, khususnya terhadap segala peraturan terkait perlindungan atas data pribadi, kesehatan, keselamatan dan lingkungan, dari setiap yurisdiksi di mana Perjanjian dilakukan. Untuk menghindari keraguan, masing-masing Pihak harus memenuhi, dan harus memastikan bahwa anggota/bagian dari masing-masing Pihak termasuk pemilik, pemegang saham, petugas, direktur, karyawan dan agen akan mematuhi semua hukum anti-suap dan korupsi yang berlaku dalam setiap aktifitas bisnis dan kegiatan yang dilakukan sehubungan dengan Perjanjian ini.

10. Kerahasiaan

Para Pihak selama jangka waktu Perjanjian ini dan untuk jangka waktu tiga (3) tahun setelah penghentian atau pengakhiran Perjanjian ini, sepakat untuk tidak mengungkapkan kepada pihak ketiga atau digunakan tanpa persetujuan Pihak lain sebelumnya, atas nama mereka sendiri atau atas nama pihak ketiga, informasi dimana salah satu Pihak telah menerima dari Pihak lainnya dan yang berhubungan dengan kegiatan Pihak lainnya. Salah satu Pihak akan segera, atas permintaan Pihak lainnya, mengembalikan atau menghancurkan (sejauh tindakan itu dipandang praktis secara komersial) semua informasi rahasia yang berkaitan dengan Pihak lain yang telah diterima berdasarkan Perjanjian ini.

11. Force Majeure

Masing-masing Pihak harus dibebaskan dari kewajiban yang harus dilakukan atas terjadinya kegagalan untuk melakukan kewajiban berdasarkan Perjanjian jika kegagalan untuk melakukan hal tersebut disebabkan oleh keadaan yang berada di luar kendali Pihak tersebut (force majeure). Force majeure adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh, antara lain, termasuk namun tidak terbatas pada suatu tindakan atau kelalaian dari pihak berwenang, diterbitkannya undang-undang baru atau diubah, perselisihan yang terjadi di bidang ketenagakerjaan, gangguan pada sistem transportasi umum atau dalam jaringan telekomunikasi atau jaringan komunikasi publik lainnya, blokade, kebakaran, banjir dan kecelakaan besar.

Pihak yang berniat untuk menetapkan suatu keadaan sebagai sebuah force majeure harus segera memberitahukan Pihak lainnya.

Masing-masing Pihak berhak untuk segera mengakhiri Perjanjian jika kewajiban Pihak lainnya sebagaimana tercantum dalam Perjanjian ini telah tertunda selama lebih dari jangka waktu tiga (3) bulan dan berlangsung secara terus menerus, disebabkan oleh peristiwa force majeure.

12. Batasan Tanggung Jawab

12.1 Merchant menyadari bahwa penerimaan pembayaran ke Akun Merchant tidak berjumlah sama dengan penerimaan/dana bersih. Merchant tetap bertanggung jawab terhadap helloPay atas jumlah penuh pembayaran dan biaya yang harus dikurangi darinya jika pembayaran kemudian dikembalikan untuk alasan apapun (yang "Jumlah Pengembalian "). Dalam hal terjadinya reversal atas pembayaran, helloPay akan terlebih dahulu mendebet Akun Merchant dengan Jumlah Pengembalian dan setiap biaya chargeback pihak ketiga atau biaya pengembalian yang dapat diberlakukan. Jika helloPay tidak dapat sepenuhnya mengembalikan Jumlah Pengembalian dan pembayaran yang ditolak yang terdapat pada Akun Merchant (termasuk uang yang ditransfer ke dalamnya setelah pengembalian pembayaran), Merchant diwajibkan untuk membayar kembali Jumlah Pengembalian dan/atau saldo negatif pada Akun Merchant dengan mengunduh dana yang cukup ke Akun Merchant. Kegagalan untuk melakukannya adalah pelanggaran terhadap Perjanjian ini. Pelunasan Jumlah Pengembalian dan/atau saldo negatif akan dilakukan segera tanpa pemberitahuan. helloPay berhak, setiap saat, untuk mengirim notifikasi yang mengingatkan atau mengambil tindakan penagihan utang termasuk namun tidak terbatas pada memberikan perintah kepada lembaga penagih hutang atau pengacara untuk melakukan upaya hukum yang diperlukan. helloPay berhak untuk membebankan semua biaya yang dikeluarkan kepada Merchant (termasuk biaya pengacara) sehubungan dengan penagihan utang atau upaya penegakan hukum.

12.2 helloPay berhak untuk menangguhkan atau membatasi Layanan helloPay atau pembayaran penuh dari setiap klaim, biaya, denda oleh Merchant.

12.3 helloPay berhak setiap saat untuk menangguhkan, dan atas kebijakannya sendiri, Akun Merchant (atau fungsi tertentu daripadanya seperti mengunduh, menerima, mengirim dan/atau melakukan penarikan dana), antara lain, untuk pemeriksaan:

12.3.1 Dimana helloPay atas kebijakannya sendiri menentukan bahwa tindakan tersebut diperlukan atau dibutuhkan untuk melindungi keamanan Akun Merchant; atau

12.3.2 jika setiap Transaksi yang dibuat dimana helloPay atas kebijakannya sendiri dianggap akan (a) dibuat melanggar Perjanjian ini atau melanggar persyaratan keamanan Akun Merchant; atau (b) yang mencurigakan, tidak sah atau palsu, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan pencucian uang, pendanaan terorisme, penipuan atau kegiatan ilegal lainnya; atau

12.3.3 pada kepailitan, likuidasi, pembubaran, bangkrut, administrasi, kurator atau pembubaran Merchant, atau di mana helloPay memiliki alasan yang cukup untuk menganggap bahwa ada ancaman yang sama dalam kaitannya dengan Merchant; atau

12.3.4 jika situasi apapun terjadi, yang menurut pendapat helloPay, Merchant akan tidak mampu menyediakan Produk/Jasa dan/atau memenuhi kontrak Merchant dengan Pelanggan; atau

12.3.5 jika terjadinya Transaksi untuk penjualan barang dan/atau jasa yang berada di luar kegiatan usaha yang disepakati Merchant, atau di mana Merchant menyajikan Transaksi dan gagal untuk mengantarkan barang dan/atau jasa yang terkait dengan transaksi tersebut dan/atau di mana Merchant adalah pihak ketiga yang memproses dan tidak menyediakan barang dan/atau jasa itu sendiri; atau

12.3.6 terjadinya perubahan kondisi internal pada Merchant (termasuk penurunan atau perubahan posisi keuangan Merchant), atau perubahan yang terjadi dalam bisnis Merchant atau dalam Produk/Jasa yang disediakan Merchant, yang dalam pendapat helloPay, atas kebijakannya sendiri, adalah suatu hal yang sifatnya materiil dan dapat mempengaruhi kelanjutan dari Layanan helloPay; atau

12.3.7 mana Merchant mengalami penggantian materi sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 4 Perjanjian ini; atau

12.3.8 jika helloPay menganggap, atas kebijakannya sendiri, bahwa tingkat chargeback atau jumlah klaim untuk produk/jasa Merchant yang gagal kirim ada dalam jumlah berlebihan dan tidak masuk akal;

dan helloPay akan melakukan upaya yang wajar untuk terlebih dahulu menginformasikan Merchant atas penangguhan tersebut, atau jika ini tidak memungkinkan, segera setelah dilakukannya penangguhan dan memberikan alasan atas penangguhan yang dilakukan tersebut kecuali menginformasikan hal tersebut kepada Merchant akan menyebabkan ancaman terhadap keamanan atau jika dilarang oleh hukum atau Undang-undang yang berlaku.

12.4 helloPay akan hanya bertanggung jawab terhadap Merchant atas kerusakan langsung yang dilakukan oleh Merchant karena kelalaiannya. Tanggung jawab atas kerusakan tersebut, jika ada, tidak termasuk kerusakan konsekuensial atau kerusakan tidak langsung seperti kehilangan keuntungan atau kerugian akibat tidak terpenuhinya perjanjian dengan pihak ketiga. HelloPay atau bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh Layanan Merchant helloPay yang telah diblokir yang berkaitan langsung dengan Pelanggan dengan alasan yang mungkin namun ternyata merupakan alasan yang tidak tepat, tapi helloPay memiliki alasan untuk percaya bahwa tindakan itu dibenarkan.

13. Pengakhiran Perjanjian

13.1 Jangka Waktu Perjanjian dan Perpanjangan Perjanjian secara Otomatis

Perjanjian ini akan dimulai pada (i) hari berikutnya setelah tanggal Merchant menerima ketentuan Perjanjian ini ("Tanggal Efektif"), atau (ii) tanggal saat akun Merchant diaktifkan untuk Transaksi, jika berbeda dari tanggal efektif; dan akan terus berlaku untuk jangka waktu satu (1) tahun, kecuali diakhiri lebih awal atau ditangguhkan sesuai dengan ketentuan Perjanjian ini. Perjanjian ini selanjutnya akan secara otomatis diperpanjang untuk jangka waktu 12 (dua belas) bulan, kecuali salah satu Pihak memberikan Pihak lainnya pemberitahuan tertulis atau elektronik, sesuai dengan ketentuan pada Perjanjian ini, mengenai keinginannya untuk tidak memperpanjang Perjanjian, setidaknya tiga puluh (30) hari sebelum akhir dari Perjanjian atau akhir dari masa perpanjangan Perjanjian jika pemberitahuan mengenai pengakhiran Perjanjian datang dari helloPay. Setiap perpanjangan atas Layanan Anda tunduk pada syarat dan ketentuan yang berlaku saat helloPay, berhasil menyelesaikan prosedur otentikasi, jika ada, dan saat telah terjadinya pembayaran atas semua biaya layanan yang berlaku pada saat perpanjangan. Syarat pembayaran tambahan mungkin akan diberlakukan untuk Layanan helloPay Anda, sebagaimana diatur pada Perjanjian ini dan pada peraturan lainnya yang berkaitan dengan Perjanjian ini.

13.2 Konfirmasi Pengakhiran sebelum Berakhirnya Jangka Waktu Perjanjian

Perjanjian ini dapat diakhiri oleh salah satu Pihak dengan memberikan pemberitahuan tertulis pada satu (1) bulan sebelum waktu yang tercantum pada Pasal 13.3 Perjanjian ini.

13.3 Pengakhiran sebelum Berakhirnya Jangka Waktu Perjanjian

Masing-masing Pihak berhak untuk mengakhiri Perjanjian secara tertulis jika Pihak lain:

(a) melakukan pelanggaran material terhadap ketentuan apapun dalam Perjanjian ini dan gagal untuk sepenuhnya memperbaiki pelanggaran tersebut dalam waktu yang wajar setelah diminta untuk melakukannya secara tertulis; atau

(b) menjual bagian dari usahanya, dinyatakan pailit, memulai proses peleburan dan/atau penggabungan dengan badan usaha lain, masuk dalam status likuidasi atau dapat diasumsikan telah menjadi bangkrut.

helloPay selanjutnya berhak untuk segera mengakhiri Perjanjian, atau atas kebijakannya sendiri segera menutup Layanan Merchant, jika:

(a) hal tersebut diperintahkan oleh hukum atau oleh regulator atau otoritas yang berwenang di Republik Indonesia;

(b) Merchant menjalankan bisnis yang bertentangan dengan hukum yang berlaku, penerapan persaingan usaha yang baik atau aturan etika helloPay;

(c) Merchant dikenakan jumlah klaim yang berlebihan/tidak wajar sehubungan dengan jasa yang diberikan atau produk yang dijual; atau jika

(d) terdapat alasan yang cukup bahwa Merchant telah memberikan informasi yang salah, menyesatkan atau tidak lengkap yang merupakan materi penting bagi helloPay.

Dalam hal helloPay telah menghentikan Layanan Merchant, Layanan tersebut dapat dibuka kembali atas permintaan tertulis dari Merchant, sepanjang keadaan sebagaimana tercantum di atas telah sepenuhnya diperbaiki dan sesuai dengan standar helloPay dengan bukti yang cukup. Merchant akan diinformasikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum berakhirnya Perjanjian dan/atau sebelum penghentian Layanan Merchant diberlakukan secara efektif oleh helloPay.

13.4 Akibat dari Pengakhiran Perjanjian

Setelah pengakhiran Perjanjian, Merchant harus mengembalikan atau akan menghancurkan (atas permintaan helloPay) semua materi dan semua dokumen, termasuk salinan, mengenai Layanan Merchant yang berada dalam kendali dan dimiliki oleh Merchant kepada helloPay. Merchant harus segera menghapus merek dagang, nama produk atau logo terkait dengan Layanan Merchant pada setiap publikasi atau promosi yang dilakukan oleh Merchant. Merchant selanjutnya harus menghapus semua tautan ke situs web helloPay serta semua informasi lain tentang Merchant yang terhubung ke Layanan Merchant.

14. Pemberitahuan

Pemberitahuan, permintaan dan korespondensi lainnya sesuai dengan atau sehubungan dengan Perjanjian ini harus dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan akan dikirim ke pihak lain melalui email, pos tercatat atau pengiriman yang dilakukan secara pribadi di alamat yang ditentukan pada awal Perjanjian ini.

Pemberitahuan, permintaan atau korespondensi lainnya sesuai dengan atau sehubungan dengan Perjanjian ini akan dianggap diterima secara sah oleh penerima ketika penerima melakukan konfirmasi atas penerimaan email, atau pada hari ketujuh (ke-7) setelah surat dikirimkan dalam hal pemberitahuan tersebut dikirimkan melalui pos tercatat, atau segera pada saat penyerahan dalam kasus pengiriman yang dilakukan pribadi.

helloPay juga berhak untuk mengeluarkan pemberitahuan kepada Merchant dengan mencantumkan informasi pada halaman depan Akun Merchant. Pemberitahuan tersebut, jika dikirim melalui email akan dianggap diterima oleh Merchant dua puluh empat (24) jam setelah pemberitahuan tersebut dikirimkan oleh helloPay kepada Merchant.

Jika terjadi perubahan alamat, masing-masing Pihak wajib memberitahukan Pihak lainnya tentang perubahan tersebut sesuai dengan prosedur yang diatur dalam klausul ini.

15. Miscellaneous

15.1 Keterpisahan

Jika terdapat ketentuan dalam Perjanjian ini atau terdapat bagian dalam Perjanjian menjadi tidak valid, hal ini tidak serta merta berarti bahwa seluruh Perjanjian tidak berlaku, melainkan penyesuaian yang wajar dari Persetujuan ini akan dilakukan sepanjang ketidakabsahan tersebut secara material dapat mempengaruhi manfaat atau kinerja Para Pihak berdasarkan Perjanjian.

15.2 Rilis data

Merchant memberi kuasa kepada helloPay untuk merilis penerimaan transaksi dan data atau informasi lain yang berkaitan dengan penerimaan transaksi pada setiap agen helloPay atau pihak lain yang diperlukan dengan tujuan untuk memenuhi kewajiban helloPay di bawah Perjanjian ini atau jika ditemukannya atau dicurigai terjadinya penipuan atau aktifitas criminal lainnya.

15.3 Kompensasi

helloPay berhak untuk melakukan kompensasi terhadap setiap kewajiban Merchant untuk helloPay (saat ini, masa depan, aktual atau mungkin terjadi) terhadap jumlah piutang helloPay kepada Merchant. helloPay tidak harus memberikan pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan hal ini. Merchant tidak berhak untuk melakukan kompensasi atas kewajiban helloPay berdasarkan Perjanjian ini (baik saat ini, masa depan, aktual atau yang mungkin terjadi) terhadap dana apapun yang menjadi hutang helloPay berdasarkan Perjanjian ini.

15.4 Merek Dagang

Merchant dengan ini memberikan helloPay lisensi non-eksklusif, di seluruh dunia, pembebasan royalti atas penggunaan, tampilan dan mereproduksi merek dagang Merchant, atau merek jasa dan logo ("Merek Dagang Merchant") semata-mata untuk tujuan menampilkannya di website helloPay dalam kegiatan pemasaran dan promosi termasuk mencantumkan Merchant dan kegiatan usahanya ketika memasarkan Layanan Merchant dan ketika memberikan informasi kepada pelanggan. Merek dagang Merchant harus digunakan sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Merchant dari waktu ke waktu.

helloPay adalah pemilik dan berhak atas manfaat dari merek dagang 'helloPay' dan situs www.hellopay.co.id.

15.5 Keseluruhan Perjanjian

Perjanjian ini merupakan seluruh perjanjian antara Para Pihak pada semua isu-isu yang berkaitan Perjanjian. Isi Perjanjian ini menggantikan semua tertulis atau lisan komitmen dan usaha sebelumnya.

15.6 Tugas

Merchant dengan ini memberikan helloPay hak untuk setiap waktu mengalihkan seluruh atau sebagian dari hak, manfaat, kewajiban atau tanggung jawab (baik tersurat maupun tersirat) berdasarkan Perjanjian ini kepada salah satu afiliasinya tanpa memerlukan persetujuan khusus dari Merchant. helloPay akan berusaha untuk memberikan pemberitahuan kepada Merchant atas dilakukannya tindakan pengalihan dalam bentuk apapun. Merchant tidak berhak, dalam situasi apapun atau saat kapanpun, tanpa persetujuan tertulis dari helloPay, mentransfer semua atau sebagian dari hak, manfaat, kewajiban atau tanggung jawab (baik tersurat maupun tersirat) berdasarkan Perjanjian ini.

15.7 Amandemen

Merchant mengakui dan setuju bahwa helloPay dapat, atas kebijakannya sendiri dan tanpa kewajiban apapun, membuat amandemen atas Perjanjian ini setiap saat dan memberlakukannya secara efektif dengan segera melalui pemberitahuan atas amandemen tersebut pada www.hellopay.co.id. Versi revisi atas Perjanjian ini akan efektif pada saat pemberitahuan dicantumkan di situs web www.hellopay.co.id.

15.8 Independensi Para Pihak

Masing-masing Pihak tidak berhak untuk mewakili atau mengikatkan Pihak lainnya kepada Partai Ketiga.

15.9 Pembebasan

Kegagalan oleh salah satu Pihak dalam menggunakan haknya berdasarkan Perjanjian ini atau pemberitahuan yang dilakukan oleh salah satu Pihak mengenai keadaan tertentu yang berkaitan dengan Perjanjian tidak akan dianggap atau ditafsirkan sebagai persetujuan atau pengabaian akan hal itu.

15.10 Loyalitas dan Tanggung Jawab untuk Mengirimkan Pemberitahuan/Informasi

Masing-masing Pihak akan segera menginformasikan Pihak lainnya mengenai setiap keadaan yang mempengaruhi kerjasama dan komitmen Para Pihak yang berkaitan dengan Perjanjian ini, termasuk perubahan bisnis masing-masing Pihak. Setiap Pihak harus berpartisipasi dalam pertemuan yang akan diadakan, jika diminta oleh Pihak lainnya, yang diperlukan untuk pemenuhan komitmen Para Pihak dalam Perjanjian ini.

16. Perselisihan

16.1 Perjanjian ini akan ditafsirkan dan diatur sesuai dengan undang-undang Republik Indonesia dan Para Pihak sepakat untuk tunduk pada yurisdiksi eksklusif pengadilan Indonesia.

16.2 Perjanjian ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jika ada perbedaan antara bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, versi bahasa Indonesia yang berlaku.

16.3 Meskipun menyimpang dari ketentuan ini, helloPay berhak untuk mengambil tindakan hukum yang diperlukan terkait dengan semua kewajiban Merchant di bawah Perjanjian ini.